Dinamika Organisasi

3 Jul

Dalam salah satu postingnya Katum NP menyatakan akan mundur dari kepengurusan Kornas PWI-ref. Dan secara resmi akan disampaikan usai pelatihan jurnalis akhir pekan ini. Tidak lama kemudian Sekretaris I, Didik L Pambudi (DLP) menyatakan hal yang sama melalui postingan di milis ini yang Cc nya disampaikan juga ke milis tetangga. Catatan DLP menyatakan bahwa pengunduran dirinya adalah resmi walau disampaikan melalui email.
Dengan demikian 2 dari pengurus telah menyatakan mundur.Tentu merupakan sesuatu yang cukup signifikan untuk keberadaan Kornas yang memiliki kepengurusan tersebar. Karena dari 9 pengurus praktis hanya 5 orang yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Dari 5 orang itupun hanya NP, saya dan DLP yang selama ini berkesempatan mengurus organisasi.Oleh karenanya pengunduran diri NP dan DLP dari Kornas perlu kita sikapi secara serius dan proporsional.
Untuk posisi Ketum seharusnya Ketua I Denni Batubara secara otomatis menjadi pelaksana tugas jika Ketum berhalangan tetap atau mengundurkan diri. Namun kabar terakhir (mohon konfirmasi) Denni sudah kembali bertugas di Medan. Artinya cukup sulit tugas demikian diemban. Demikian juga Ketua II Harry Harzufri berdomisili di Kupang NTT. Namun saya berpendapat organisasi harus tetap jalan. Seperti kata ketua DKKE BSH, organisasi adalah masalah bersama bukan orang perorang.
Organisasi harus tetap jalan.
Itulah logikanya. Dan saya berharap kawan-kawan korda sepemahaman. Kita prihatin dengan kondisi ini, tetapi kita juga tetap harus mencari solusi dan pemecahan. Demikian juga MPN dan DKKE sebagai bagian dari perangkat organisasi tentu memilik fungsi strategis untuk menunjang langkah yang dianggap perlu untuk kelangsungan dan perkembangan organisasi. NP dan DLP sepanjang yang saya tahu tetap komit dengan PWI-Ref. tetapi memilih berada di mana juga tentunya sudah menjadi pertimbangan setiap kita.
Agenda organisasi yang telah kita sepakati adalah konsolidasi dan Konkernas. Kita fokus pada masalah ini. Untuk konsolidasi beberapa Korda telah melakukan Konferda dan menghasilkan kepengurusan, beberapa di antaranya belum sempat diterbitkan SK nya, untuk itu dalam waktu dekat saya akan mengkompilasi SK dan mandat yang harus diterbitkan dan dikirim. Dalam waktu dekat dokumen organisasi itu harus segera diterima kawan-kawan Korda. Sementara Konsolidasi Korda berjalan kita juga dihadapkan pada rekonsilidasi di tingkat Kornas—Dukungan dan masukan Kawan-kawan sangat kami butuhkan.
Untuk agenda Konkernas, kita harapkan dapat dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan tahun ini. Atua sekitar Agustus-September 2008. Untuk tempatnya kami harap kawan-kawan dari Korda Riau, Semarang, Banten dan Jakarta menjadi alternatif sebagaimana yang pernah kita rencanakan. Dalam Konkernas inilah kita juga berharap masalah konsolidadi Korda dan Kornas sekaligus kita bahas.
Saya menganggap penting untuk menyampaikan hal ini, sekaligus mengingatkan kepada Korda-Korda untuk tetap membuat api semangat PWI-Ref menyala di seluruh Indonesia.
Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: