Komisi Gabungan Usut Galian C

3 Jan

Oleh:Kaka Suminta
Melihat seriusnya permasalahan galian C di Subang, Komisi A DPRD akan bergandengan tangan dengan komisi C membentuk Komisi gabungan untuk mengusut permasalahan galian C tersebut. pihak legislatif menilai bahwa jajaran pemkab Subang melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) tidak serius menangani masalah tersebut.

Salah satu anggota DPRD Subang Yusnan dari fraksi PKB ketika ditemui Rabu (3/1) menyesalkan sikap pemerintah yang membiarkan beroperasinya galian C di beberapa titik di Subang tanpa ijin dan pengawasan memadai, sehingga banyak aspek pembangunan yang terimbas nehatif oleh karenanya. Di sisi lain Yusnan juga menilai jika hal tersebut dibiarkan, maka kredibelitas pemerintah menjadi pertaruhanya.

“Kami akan membentuk gabungan antara komisi A yang menangani adfministrasi perijinan, dengan komisi C yang menangani pembangunan untuk mengusut masalah galian C yang beroperasi tanpa ijin,”ujar Yusnan.

Yusnan juga mempertanyakan ketegasan pemerintah untuk mengontrol operasi galian C, karena di satu sisi bupati Subang Eep Hidayata menyatakan tidak mengijinkan operasi galian C, tetapi di lapangan misalnya di Kalijati dan Cipeundeuy galianh C yang mengeksploitasi material pasir kali masih beroperasi, yang nampak dari adanya truk pengangkut pasir yang hilir mudik dengan muatanya.

Kabag Hukum Setda Subang Kustoyo kepada terbit menjelaskan bahwa memang secara Yuridis tidak ada lagi ijin galian C yang dikeluarkan oleh bupati, tetapi ia juga tidak menutup mata tentang adanya surat ijin sementara dari instansi terkait yang menjadi dasar bagai para pengusaha galian pasir.

Pantauan Terbit di lapangan, memang masih banyak kendaraan bermuatan galian C yang beroperasi di sepenajang jalan menuju Bandung dan di jalur Kalijati-Purwakarta. Hal tersebut menandakan masih beroperasinya eksploitasi galian C di sekitar jaur tersebut. Namun tidak ada tindakan aparat di jalan raya yang menghentikan pengangkutan material bermasalah tersebut. (J-10)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: