Hutang PDAM Capai Rp. 5,8 Trilyun.

21 Agu

Pemerintah Diminta Turun Tangan.

SUBANG – Jumlah hutang PDAM seluruh Indobesia kepada lembaga keuangan multilateral mencapai angka Rp. 5, 8 trilyun. Dengan kumlah hutang demikian, maka banyak PDAM di kabupaten dan kota yang mengalami kesulitan likuiditas untuk memenuhi biaya operasi dan kewajibanya. Untuk itu pemerintah diminta untuk turun tangan.

Demikian disampaikan oleh ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Dedi Pejasemedi kepada Terbit, Selasa (21/8). Menurut Dedi jumlah akumulasi hutan dari 360 anggota Perpamsi yang tersebar di seluruh Indonesia itu merupakan akumulasi beban hutang pokok dan bunga yang ditanggung oleh perusahaan yang sebagian besar adalah perusahaan milik pemerintah daerah.

Dedi yang juga Direktur PDAM Tirta Rangga Subang, menjelaskan bahwa pihaknya telah mendatangi komisi XI DPR RI, untuk membicarakan masalah tersebut. Dan hasilnya akan menunggu hasil pembicaraan DPR dengan Departemen Keuangan di Jakarta. Dedi berharap agar pemerintah dapat menanggulangi permasalahan di tubuh BUMD yang melayani kebutuhan dasar air bersih di daerah tersebut.

“Kami sudah membicarakan dengan komisi XI DPR di Jakarta, dan kini kami masih menunggu hasil pembicaraan mereka dengan Departemen Kauangan, mudah-mudahan pemerintah memahami masalah ini secara utuh,”ujar Dedi.

Akumulasi hutang tersebut dilakukan sejak awala tahun 2000 lalu kepada lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia atau ADB. Dengan masa masa pengembalian 15 tahun, maka pada saat ini banyak perusahaan daerah air minum tersebut mengalami kesulitan keuangan. Sementara itu informasi dari pemerintah pusat sendiri lebih memilih untuk memberikan penjadwalan ulang hutang DPAM dari pada penghapusan hutang. (Ksm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: