Ratusan Napi Mendapat Remisi

18 Agu

Oleh : Agus Eko Solihin.

497 Orang Napi Dapat Remisi
SUBANG, – 497 orang penghuni Lembaga Pemasyatan (Lapas) Kelas II Subang, mendapatkan remisi atau Jumlah penghuni Lapas seluruhnya 686 orang, 71 orang mendapatkan remisi umum., sementara12 orang masih harus menjalani hukuman subsider atau denda, yang tidak dapat mereka bayar.

Acara pemberian remisi merupakan bagian dari peringatan HUT ke-62 Republik Indonesia. Wakil Bupati Subang, Maman Yudia hadir atas nama Menkumham, Jum’at (17/8) untuk memberikan emisi tersebut.
.
Menurut Kepala lapas Kelas II Subang, Yunianto, Pemberian remisi terhadap para narapidana tersebut, bagian dari nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia, sesuai dengan undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan, serta peraturan lainya yang dituangkan dalam keputusan menteri nomor W8 2903. PS.01.04 tanggal 13 Agustus 2007.

“Tujuan pemberian remisi ini, diharapkan dapat memotivasi dan jadi sarana agar senantiasa berkelakuakn baik dalam rangka mempercepat proses reintegrasi sosial yang bersangkutan, ,”ungkapnya.

Di Lapas Subang 123 orang berstatus tahanan dan 563 orang berstatus napi, 10 orang diantaranya wanita dan 12 anak-anak.Remisi yang diberikan kepada para narapidana antara 1 sampai 6 bulan 20 hari., Maman mengatakan, Secara universal, pemberian remisi diberikan atas berbagai alasan komitment hukum, pada saat peringatan hari ulang tahun negara,.

59 orang narapidana yang dapat bebas hari itu juga langsung mengganti pakaian mereka, dan mendapatkan wejangan dari Kalapas Subang, menurutnya pembinaan yang telah dilakukan oleh Lapas kelas II Subang agar dijadakn bahan mereka dalam menjalani kehidupan diluar Lapas. Dan ia tidak berharap para napi yang telah bebas, masuk lagi ke Lapas Subang untuk yang kesekian kalinya.

“Kalau itu terjadi, berarti saudara semua telah mencoreng muka saya dengan kotoran. Mudah-mudahan saudara sekalian dapat menjalani kehidupan diluar lapas dengan sebaik-baiknya,”tandas Yunianto.

Para napi tadi dipanggil satu persatu untuk mendapatkan surat pembebasan dan uang saku bagi mereka. Sekitar pukul 10.00 WIB, ke 59 Napi sudah tidak berada di Lapas, sebagian dari mereka ada yang dijemput oleh anggota keluarganya dan sebagian besar lainnya pulang dengan menggunakan kendaraan umum.(eko)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: