DAK Disdik Banyak disorot

18 Agu

Konstruksi Baja Ringan Dipaksakan.

Oleh: Kaka Suminta

Subang, Pengalihan penggunaan kontruksi atap pembangunan gedung sekolah proyek DAK, yang semula direncanakan menggunakan konstruksi kayu menjadi konstruksi baja ringan dinilia sangat dipaksakan. Bahkan Dinas Pendidikan Subang banyak sisorot publik atas sikap ‘ngototnya’ tersebut.

Salah satu konsekwensi dari pengalihan tersebut adalah kesepakatan sekolah penerima DAK untuk tidak membangun rumah dinas guru, akibat alokasi anggaranya yang sebesar Rp 20 juta dialihkan untuk menutupi kekurangan biaya selisih untuk pembelian konstruksi metal tersebut.

Kepala dinas pendidikan Kabupaten Subang, Makmur Sutisna Jumat (17/8), membenarkan adanya perubahan bahan dengan materi baja ringan tersebut, menurutnya hal tersebut telah mendapat respon positif bupati Subang Eep Hidayat, dengan asumsi akan dapat meningkatkan usia pakai sekolah sampai puluhan tahun.

Namun sayangnya dinas dan lembaga terkait di Subang tidak mendukung kebijakan Disdik Subang tersebut. Sebagaimana pernyataan Kepala Dinas PU Subang, Dondon yang menolak jika dinilai memberikan rekomedasi perubahan bahan dari kayu menjadi konstruksi baja ringan,”Tidak ada rekomendasi dari kami yang demikian, tegas Dondon.

Demikian pula Kabag Pengendalian pembangunan Setda Subang,Rahmat menyatakan belum pernah diajak bicara oleh Disdik Subang tentang rencana pengalihan tersebut. Masyarakat menilai kebijakan ini bisa menyeret 100 kepsek penerima proyek DAK pada wilayah hukum, mereka terancam dipenjara, akibat adanya dugaan KKN.(Ksm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: