Biaya Sekolah memberatkan

15 Jul

Biaya Sekolah Dinilai Memberatkan.

Subang, Masyarakat di Subang menilai bahwa biaya Penerimaan Siswa (PSB)baru SLTP memberatkan terutama bagi mereka yang kurang mampu. Padahal pemerintah selalu menyatakan agar pendidikan dapat diakses oleh seluruh anak usia sekolah. jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Subang terkesan membiarkan masalah ini berkembang dari tahun ke tahun.

Sebagimana yang disampaikan Arian tokoh masyarakat Pusakanagara, Minggu (15/7) yang menyayangkan besarnya pungutan DSP di SMP Negeri 1 Pusakanagara untuk tahun ajaran 2007 lebih dari Rp. 1 juta. Menurut Arian seharusnya pemerintah ko0nsisten dengan program wajib belajar pendidikan dasar (Wajar-Dikdas), sehingga biaya sekolah termasuk PSB tidak memberatkan masyarakat.

“Saya menilai bahwa pemerintah tidak konsisten dengan program wajar dikdas yang selama ini didengung-dengungkan, biaya PSB yang melebihi satu juta sangat memberatkan masyarakat, belum lagi mereka harus membeli seragam dan alat sekolah lainya,”kelu Arian.

Dari pantauan Terbit ke beberapa sekolah, memang biaya pendidikan terutama untuk siswa baru sangat memberatkan orang tua, sebagimana yang terjadi di SMP Negeri 1 Subang, SMP Negeri 1 Pamanukan dan SMP Negeri 1 Pusakanagara yang biaya masuknya lebih dari Rp. 1 juta per siswa baru.

Kepala Subdinas SLTP Disdik Subang, Suarna kepada Terbit mengakui masih tingginya biaya masuk sekolah di berepa SLTP, tetapi menurutnya hal tersebut biasanya didasari permufakatan dengan komite sekolah dan orang tua wali murid yang bersangkutan. Misalnya untuk SMP Negeri 1 Pamanukan, besarnya biaya tersebut rencananya digunakan untuk tambahan biaya pembangunan gedung sekolah yang dua lantai.

” Memang mungkin untuk beberapa sekolah seperti di Subang dan Pamanukan besarnya di atas sejuta, semua itu telah melalui musyawarah dan digunakan untuk pembangunan ruang belajar,”jawab Suarna.(K-34)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: