Biaya On Line PLN Memberatkan

19 Jun

Biaya On Line PLN Memberatkan

Subang, Rencana pembayaran online PLN Area Jaringan Pelayanan (AJP) Purwakarta yang juga membawahi wilayah Subang dinilai memberatkan masyarakat, terutama yang akan membebani konsumen PLN dari keluarga miskin. Pasalnya dalam pembayaran yang bekerja sama dengan Bank Bukopin tersebut, pihak PLN membebani konsumen sebesar Rp. 1.600,- untuk setiap rekening pembayaran yang dilakukan konsumen.

Sebagaimana yang dikeluhkan Endang warga Sukajadi Subang kepada Radar, yang selama ini melakukan pembayaran rekening PLN pada kantor Kas KUD yang ada di sekitar lingkunganya. Namun dengan adanya pembebanan sebesar Rp 1.600 itu maka ia memperkirakan akan menambah beban dari biasanya yang ia bayar sekitar Rp. 15.000,- setiap bulanya untuk daya 450 watt yang terpasang di rumahnya.

“Ya tidak adil, masa PLN yang diuntungkan dengan pembayaran seperti itu, kami yang harus membayar, selama ini saja saya sudah merasa berat mebayar PNL, beli minyak dan keperluan anak sekolah. Sekarang malah ada kenaikan terselubung,”protes Endang.

Menjawab hal tersebut, pihak PLN serbagaimana yang disampaikan Indra pimpinan AJB Purwakarta dalam sebuah konferensi pers menyanggah jika dikatakan bahwa biaya yang dibebankan kepada konsumen dinilai tidak memberatkan, karena dengan berkonsentrasi pada pelayanan jaringan dan menyerahkan urusan keuangan dengan konsumen kepada pihak Bank, maka PLN akan lebih fokus pada produk dan pelayanan.

“Dengan menyerahkan urusan transakni keuangan dengan konsumen kepada pihak perbankan, maka PLN ke depan akan fokus pada masalah jaringan dan pelayanan sebagai urusan utama PLN, sehingga nantinya beberapa tuntutan konsumen yang belum terpenuhi akan dapat lebih difokuskan,”jelas Indra.

Selama ini sebenarnya pihak PLN telah melakukan kerjasama dengan KUD danpihak ketiga lainya untuk mendekatkan titik pembayaran (Payment Point) kepada konsumen. Dan untuk itu pihak PLN mengeluarkan biaya kerjasama, yang menurut pihak PLN sendiri mencapai Rp 60 juta untuk AJB Purwakarta yang mencakup Subang dan Purwakarta dengan jumlah pelanggan lebih dari 130 ribu konsumen. Namun dalam sistem Payment Online Bukopin (POB) ini tambahan biaya tersebut dibebankan kepada konsumen.(Ksm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: