Kualitas Air Terus Menurun

26 Apr

Kualitas Air Semakin Memburuk.

Subang, Kulaitas air tanah dinilai semakin memburuk seiring dengan semakin rusaknya ligkungan hidup, sehingga perlu ada sebuah gerakan bersama seluruh komponen untuk dapat melakukan kerja sama mengendalikan dan mengembalikan tataguna air, untuk dapat menunjang tersedianya baku mutu air dalam jumlah dan kualitas yang memadai.

Demikian disimpulkan dalam diskusi aktivis lingkungan yang tergabung dalam Komite Daerah Aliran Sungai (Komdas) Subang di Hotel Diamon Jl Oto Iskandar Dinata subang. Salah satu upaya untuk menuju ke arah itu dalah dengan melakukan pengukuran terhadap kualitas dan kauntitas air permukaan yang mengalir di sungai Cileuleuy dan Cilamatan Subang.

Ketua Komdas Hendi Kusmayadi memaparkan dalam diskusi terseburt bahwa dari studi awal yang dilakukan, ternyata telah terjadi perubahan lingkungan akibat aktivitas ekonomi yang menurunkan kualitas dan kuantitas air pada kedua saliran sungai tersebut. Dan untuk memperkuat studi tadi akan dilakukan studi lanjutan dengan penambahan luasan dan panjang daerah yang disurvei, yakni sampai ke arah hilir di desa Gunungsari Pagaden.

“Melalui studi lanjutan yang akan menggunakan penambahan alat bantu berupa alat ukur berbagai komponen dan besaran kandungan jat dalam aliran sungai, diharapkan akan dapat lebih memberikan gambaran yang utuh tentang kondisi dan kuantitas air sungai serta air permukaan,”papar Hendi.

Rencananya dalam studi ini akan melibatkan 15 lembaga terkait, baik pemerintah mauapun non pemerintah, termasuk DPRD Subang sebagai lembaga pengambil keputusanm dan pengawasan publik. demikian juga dari kelompok masyarakat akan melinbatkan berbagai kelompok, termasuk kelompok tani dan masyarakat lainya. Tujuanya adalah untuk dapat memberikan pemahaman yang sama tentang pentingnya upaya mempertahjankan kelestarian lingkungan yang berkaitan dengan keberadaan air bagi kehidupan.

Menanggapi hal tersebut ketua DPRD Subang Bambang Herdadi kepada Radar menyatakan dukunganya, karena memang selama ini pihaknya sangat konsen dalam upaya pelestarian lingkungan. Bahkan DPRD Subang sendiri telah melakukan tindakan kongkrit diantaranya dengan membentuk Perda tentang satwa langkah sebagai Perda inisiatif dewan.

Jika perlu menurut Bambang masyarakat dan pemerintah bisa membentuk p[erda tentang kelestarian lingkungan yang berkaitan dengan keterwsediaan air dalam kmuantitas dan kualitas yang memadai.”Bisa saja kita bentuk bersama Perda tentang itu kalau memang dianggap perlu,”ujar Bambang. (Ksm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: