19 Mar

Subang Belum Punya Pembina Jasa Konstruksi.

SUBANG, RAKA – Salah satu permasalahan yang muncul dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah kebaradaan dan peran serta masyarakat jasa kjonstruksi. Kebaradaan masyarakat jasa konstruksi merupakan salah satu aset negara dan daerah dalam pembangunan yang sedang dilaksanakan.

Namun sayangnya sampai saat ini perhatian pemerintah terhadap keberadaan masyarakat jasa konstruksi masih sangat lemah, hal mana terbukti dengan belum dibentuknya unit kerja pembina jasa konstruksi sebagaimana diamanatkan oleh departemen dalam negeri sejak bulan Maret 2006 lalu.

Ketua komisi C DPRD Kabupaten Subang, Wawan Darmawan menyatakan hal tersebut paska rapat dengar pendapat (RPD) dengan kepala dinas serta jajaran Pekerjaan Umum di kantor DPRD Selasa (23/1) kemarin. Menurut Wawan dari dengar pendapat tersebut terungkap masih lemahnya pembinaan pemerintah terhadap mesyarakat jasa konstruksi, bahkan ada kesan pelaksanaan pembangunan seringkari terkendala akibat lemahnya pemahaman dan kaulitas usaha jasa konstruksi.

“Salah satu pembahasan kami adalah berkaitan dengan kebaradaan dan peran masyarakat jasa konstruksi, namun sayangnya sampai saat ini pemerintah belum memiliki unit kerja pembina jasa konstrusksi sebagaimana diamanatkan oleh Mendagri,”ujar Wawan.

Menurut Wawan kebaradaan unit kerja pembina jasa konstruksi tadi sangat penting untuk melaksanakan amanat undang-undang No 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi (UUJK) serta peraturan yang menyertainya seperti PP No 30 tahun 2000 tentang pembinaan jasa konstruksi. Dengan pembentukan unit kerja tadi Wawan mengharapkan akan dapat mengoptimalkan peran serta masyarakat jasa konstruksi.

Optimalisasi peran serta masyarakat jasa konstruksi akan meningkatkan kemampuan dalam mewujudkan tertib usaha jasa konstruksi, tertib penyelenggaraan jasa konstruksi serta tertib pemanfaatan hasil pekerjaan jasa konstruksi. Untuk mewujudkan hal tersebut ada beberapa tugas unit kerja pembina jasa konstrusksi yang wajib dilaksanakan. Mulai dari sosialisasi peraturan perundang-undangan jasa konstruksi, melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis dan pengawasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: